Ujian Dari Tuhan

Di dalam ilmu penerbangan setiap pesawat pasti memiliki Flight Envelope (FE) atau Koridor Terbang berupa kurva yang diplot pada sumbu kecepatan dan ketinggian terbang pada pesawat tertentu seperti ini:

FE dikeluarkan oleh pabrik pembuat pesawat terbang. Pilot tidak boleh menerbangkan pesawat di luar kurva yang sudah ditetapkan dalam FE tersebut. Jika ketentuan tersebut dilanggar maka kemungkinan besar pesawat akan mengalami kegagalan pada saat beroperasi dan bisa berakibat fatal.

Dikaitkan dengan Ujian dari Tuhan, ada ajaran yang berbunyi, “Tuhan tidak akan menguji di luar kemampuan hamba-Nya”. Di situ menunjukkan bahwa Tuhan Maha Adil, sebab Tuhan yang menciptakan manusia, Dia tahu betul FE dari masing-masing ciptaan-Nya. Kalau ujian diberikan di luar FE tentunya siapapun pasti akan hancur, sehingga ujian tidak pernah keluar dari FE.

Sehingga manusia tidak boleh berprasangka buruk pada Tuhan ketika sedang menghadapi ujian dengan mengatakan, “Tuhan pengen menghancurkan kita neh”, atau “Tuhan tidak lagi sayang pada kita”.

Kita harus selalu optimis ketika mendapat ujian dari Tuhan bahwa ujian itu masih berada dalam FE dan pasti dapat kita selesaikan. Nah selanjutnya tergantung pada usaha kita untuk menyelesaikan ujian tersebut, harus sabar, ulet, jeli,  telaten, juga cerdas.

@Ardi Cahyono

Advertisements

1 Comment

  1. December 30, 2009 at 10:40 am

    Siip Pak…

    Setuju…Selamat Tahun Baru 2010 ya Pak…^^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: